KSP KOPDIT ADIGUNA JALIN KERJA SAMA DENGAN KAMPUS UNWIRA KUPANG

KSP KOPDIT ADIGUNA JALIN KERJA SAMA DENGAN KAMPUS UNWIRA KUPANG

Kupang, kspkopditadiguna.com – Sebuah pertemuan yang bermakna dengan penuh kekeluargaan dan keterbukaan Antara KSP Kopdit Adiguna yang hadir Pendiri, Drs. Ec. Josef Tukan C, Drs. Wilhelmus Ngete, MM, Drs. Yohanes R. Dekresano, MA. Pengurus, Drs. Stefanus Stanis, M.Si (Ketua Pengurus), Drs. Rato Marianus (Wakil Ketua I Bidang Pendidikan), Drs. Petrus Rego Sole (Sekretaris), Dr. Stanis Man, SE, M.Si (Bendahara) Pengawas, Dr. Maria E. Perseveranda, M.Si (Ketua Pengawas), Vincentius Repu, SE, M.Sc, A.gr (Sekretaris Pengawas), Wilhemus Mustari, SE, M.Acc (Anggota Pengawas) dan Maria S. Coo, SE (Manajer ) beserta staf dengan Pater Rektor Universitas Katolik Widya Mandira Kupang P. Dr. Philipus Tule, SVD dan bersama para Wakil Rektor Dr. Samuel Igo Leton, M.Pd. (Warek I) Dr. Yulinda Yanti Sonbay, SE, M.Sc (Warek II) Drs. Rodriques Servatius, M.Si (Warek III). Adapun pertemuan tersebut dimaksud untuk mendorong dan mengajak mahasiswa Unwira sebagai kaum milenial untuk berkoperasi dengan menjadi Pemilik Anggota KSP Kopdit dengan mahasiswa menjadi anggota koperasi maka, mahasiswa tersebut sudah bisa menolong dirinya sendiri maupun sesama anggota KSP Kopdit Adiguna, (Senin 07/03/2022).

Pertemuan dan diskusi tersebut bertempat di ruang rapat Rektor Universitas Katolik Widya Mandira Kupang. Niat yang baik ini akan ditindaklanjuti dengan Perjanjian Kerja Sama (PKS) antara kedua institusi, adapun hal-hal yang termuat dalam PKS tersebut yakni benefit yang akan diterima oleh Mahasiswa dan UNWIRA.

Bapak Drs. Stefanus Stanis, M.Si, pada kesempatan tersebut menyampaikan beberapa benefit yang akan di peroleh mahasiswa dan instistusi, terkhusus bagi mahasiswa sebagai anggota antara lain: Melatih mahasiswa untuk menabung demi masa depan, Membantu mengatasi kesulitan pada saat heregistrasi uang kuliah., Solidaritas kesehatan : mahasiswa mendapat bantuan jika mengalami sakit. Solidaritas kedukaan; mahasiswa dapat diurus dengan baik jika meninggal, Mahasiswa memiliki uang tabungan selama dan setelah selesai kuliah Mahasiswa memiliki akses modal untuk kegiatan kewirausahaan selama dan setelah selesai kuliah. Menjadi tempat magang/PKL bagi mahasiswa., Menjadi tempat/lokasi penelitian dosen dan mahasiswa, Menjadi wadah reunifikasi alumni Unwira pada saat setiap kali melakukan transaksi dan pada saat RAT., Membantu mahasiswa dalam melengkapi sertifikat SKPI = Surat Keterangan Pendamping Ijazah, Mahasiswa mendapat pelatihan secara gratis tentang literasi keuangan, dll, Mahasiwa mendapat bingkisan akhir tahun dan bagi Institusi UNWIRA yakni, Mendukung Kurikulum Kampus Merdeka/ Merdeka Belajar (KMMB), Mendukung akreditasi baik prodi maupun institusi., Kolaborasi KSP Adiguna dengan Unwira dalam kegiatan Penelitian dan Pengabdian kepada masyarakat bagi para Dosen Unwira.

Pada momentum yang baik itu juga pak Vincentius Repu, SE, M.Sc, A.gr selaku Sekretaris Pengawas KSP Kopdit Adiguna dan juga Ketua Pengurus Puskopdit Bekatigade Timor menyampaikan beberapa hal terkait perkembangan dibeberapa negara luar terkait Credit Union/Koperasi Kredit yang bertumbuh dari lingkungan Universitas yakni MODRAGON UNIVERSITY di negara Spanyol dan UNIVERSITY OF MICHIGAN CREDIT UNION di Amerika Serikat, hal tersebut kedepan bisa diwujudnyatakan kepada UNWIRA Kupang.

Pada diskusi tersebut hadir pula Penasihat sekaligus pendiri KSP Kopdit Adiguna Drs. Ec. Jofen Tukan C., Drs. Wilhelmus Ngete, MM dan Drs. Yonanes Dekresano, MA, ketiganya menyampaiakan beberapa hal bahwa dahulu bagaimana dengan susah payah dan penuh tantangan mendirikan KSP Kopdit Adiguna, tetapi mereka sangat berbangga karena KSP Kopdit Adiguna sudah bertumbuh dan berkembang menjadi suatu lembaga sebagai kekuatan ekonomi yang luar biasa, sehingga terwujudnya nilai Adi Guna¬† ‘Manfaat Utama” dengan berlandaskan nilai-nilai “Kujamin Mantab” demi kesejahteraan anggota.

Sejarah berdirinya KSP Kopdit Adiguna sejak 01 Agustus 1987 yang didirikan oleh para Dosen dan Karyawan Unwira dengan tujuan membantu memecahkan masalah ekonomi dan kesejahteraan anggota keluarga saat itu, hingga kini KSP Kopdit Adiguna sudah memasuki usia ke 35 Tahun KSP Kopdit Adiguna terus melebarkan sayapnya dengan menjadi Koperasi Primer Propinsi telah membuka beberapa Kantor Cabang di NTT (yakni Batakte, Kab. Kupang, Tukuneno Kab. Belu dan Oinlasi Kab. TTS dan Bajawa Kab. Ngada).

Dari pertemuan tersebut terlahir ide gagasan dan harapan Pater Rektor untuk membangun dan mengembangan Koperasi Konsumsi Mahasiswa (KOPMA) berupa CU Mart Unwira atau UNWIRA MART hal tersebut untuk mengimplementasikan ilmu dan bakat kewirausahaan Mahasiswa. “Ut Vitam Habeant Abudantius” Semoga rencana ini bisa terwujud pada waktunya.

‘Kujamin Mantab”

admin

Website:

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Open chat